Membuat Multi Login Menggunakan Codeigniter-Part1 dari 3 - Ilmu Komputer

Tentang komputer, tips, trik, artikel, tutorial!

Selasa, 27 Januari 2015

Membuat Multi Login Menggunakan Codeigniter-Part1 dari 3

Membuat Multi Login Menggunakan Codeigniter, Multi login diperlukan ketika kita ingin membuat sebuah program yang mempunyai banyak user dan masing-masing user mempunyai hak akses yang berbeda-beda juga. Misalkan dalam kasus ini kita mempunyai dua buah user yaitu admin dan operator, operator tidak mempunyai hak untuk mengakses halaman administrator, namun sebaliknya admin boleh melihat halaman operator atau bisa juga masing-masing tidak bisa mengakses halaman yang bukan merupakan haknya.

Untuk membuat system Login Multi User kita menggunakan atau membatasi hak akses dengan Session, didalam codeigniter semuanya sudah dibungkus rapih, jadi kita lebih mudah memanggil dan menggunakan session didalam codeignietr, untuk dokumentasinya silahkan anda lihat di dokumentasi library session class didalam codeigniter.

Biasanya saya membuat halaman login saya sertakan fasilitas untuk memilih status, terdapat tiga buah field yaitu , field username, password, dan level/status. pertama anda buat terlebih dahulu halaman login seperti berikut:

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
    <title>Login</title>
</head>
<body>
<form >
    <input type="text" name="username"><br>
    <input type="password" name="password"><br>
    <select name="level">
        <option value="">--Pilih--</option>
        <option value="1">Admin</option>
        <option value="2">Operator</option>
    </select>
    <br>
    <input type="submit" name="kirim" value="Login">
</form>
</body>
</html>
Tentu anda sudah bisa membayangkan bagaimana tampilannya, masih sedehana bukan?. Jika anda ingin tampilan yang cantik menarik dan seksi silahkan anda cari template login, seperti yang ada digambar berikut ini.
Membuat Multi Login Menggunakan Codeigniter
Silahkan anda buat atau cari template yang menurut anda bagus, tapi sebaiknya kita menggunakan yang tidak ada CSS, agar lebih mudah dipahami. Mungkin untuk bagian satu cukup batas ini terlebih dahulu, lain kali ada waktu saya update kembali artikel tentang Membuat Multi Login Menggunakan Codeigniter,sampai jumpa di tutorial berikutnya!Salam

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Membuat Multi Login Menggunakan Codeigniter-Part1 dari 3

2 komentar:

Berkomentarlah dengan baik dan sopan..
Terimah kasih sudah berkunjung